Berita Islam – Berita Utama – Melakukan Teologi di Hari Afrika – Isu dan Tren di Nigeria

PENDAHULUAN

Sejak pertengahan -an teolog Afrika seperti John Mbiti Edward Fashole-Lukas Desmond Tutu Vincent Mulago dan Harry Sawyerr Bolaji Idowu Byang Kato dan yang lainnya telah berhasil misi mereka untuk membawa Injil untuk menanggung kehidupan Afrika dan berpikir -dunia – untuk membuat kekristenan pribumi di benua yang pertama kali mendengar Injil pada zaman Perjanjian Baru. Oleh karena itu akan merupakan penyederhanaan yang berlebihan menyesatkan untuk menyatakan bahwa Jerman Amerika Inggris dan Afrika teologi rusak dikoreksi dan disalin masing dibuat. Afrika memiliki sesuatu yang berarti untuk ditawarkan. Ini memberikan bukti yang mendukung untuk penilaian yang realistis dari masalah dan kecenderungan Gereja di Afrika.

Kontekstualisasi

Kontekstualisasi istilah dapat didefinisikan sebagai menyederhanakan memperjelas dan memberikan kepemilikan kepada Alkitab dan Injil Yesus Kristus kepada komunitas tertentu iman. Jika sistem untuk melakukannya karena itu hanya dipahami oleh orang asing atau alien maka salah satu telah menutup saluran untuk inkarnasi dari Firman. Peneliti terkesan ketika ia mengunjungi beberapa gereja di Lagos Nigeria selama studi lapangan dan mencatat area kontekstualisasi. Gereja-gereja Anglikan dan Aladura memiliki beberapa program dalam bahasa asli. Bahkan gereja Katolik tidak lagi melakukan pelayanan dalam bahasa Latin tetapi bahasa Inggris. Instrumen Afrika digunakan dan chorus Afrika melayani. Menari dan bertepuk tangan yang tidak biasa. Penilaian Kristen dari eksplorasi Portugis pada abad kelima belas ke tengah abad ketujuh mengungkapkan bahwa ada kegagalan relatif pada bagian dari para misionaris dalam penyajian Injil. Mereka tidak mengambil budaya masyarakat menjadi pertimbangan. Katolik Roma menuntut monogami dari petobat mereka tetapi mereka tidak menunjukkan bagaimana para istri yang tidak diinginkan bisa dipindahkan. Kristen digambarkan sebagai penemuan Eropa. Usry dan Keener provokatif berjudul teks agama orang hitam mereka Kristen dapat menjadi Afrocentric Hal ini begitu berjudul tentu saja tidak untuk menyiratkan bahwa non-kulit hitam tidak termasuk tetapi untuk menunjukkan bahwa Kekristenan yang Alkitabiah adalah agama Hitam sebanyak satu putih.

Schreiter menyajikan sebuah teks yang sangat baik dan sangat relevan yang jelas mengajarkan bagaimana seseorang dapat memahami budaya sehingga pesan Injil berakar. Kepemilikan Alkitab harus diberikan kepada komunitas iman di tempat tertentu. Sebagai contoh sebuah Igbo dan dengan perpanjangan seorang Afrika jelas akan memahami penghinaan Kristus melewati sejak penulis dengan jelas mengungkapkan bahwa untuk mempermalukan seseorang yang baik populer atau kaya adalah lebih buruk daripada membunuhnya pesan yang orang Afrika mengerti. Sensitivitas budaya Dan Wooding dalam iman buta dalam perspektif lintas budaya Bagian memungkinkan dia untuk menjalin hubungan antar budaya yang cukup dalam pertemuan sarapan pria di Gereja Pasadena Pertama dari Nazaret. Dalam menanggapi undangan ini dan rela memberi dengan murah hati seorang individu akhirnya menerima lima kali lipat hanya keluar dari iman buta bukan tampilan tindakan supranatural seperti berbahasa roh.

ISU

Korupsi

Boer mengidentifikasi dua isu utama yang mempengaruhi gereja Nigeria yang pertama adalah korupsi yang telah menembus setiap lapisan masyarakat … Boer . Satu Namun harus dicatat bahwa korupsi merupakan masalah yang dihadapi baik berkembang dan dikembangkan bangsa. Gereja terus menjadi bersalah dari banyak jenis-jenis korupsi yang mencirikan masyarakat secara keseluruhan sebuah isu yang mengejutkan Dr Yeh saat ia mengamati dalam isu-isu artikel Worldview pada korupsi …. Dia realistis berpendapat bagaimanapun bahwa survei CPI Indeks Persepsi Korupsi pada tingkat korupsi di negara mereka diteliti tidak didasarkan pada data empiris keras … tapi pada pengalaman dan persepsi mereka yang paling langsung dihadapkan dengan realitas korupsi Yeh .

Islam

Isu kedua yang dihadapi spiritualitas Kristen menurut Boer adalah Islam. Subjek dekade bukunya Nigeria darah vol. adalah hubungan Kristen-Muslim. Jika korupsi telah setan Nigeria Boer berpendapat hubungan Kristen-Muslim telah bedeviled itu Boer . Dia mengarahkan Kristen dan Islam menjadi saluran positif untuk bangunan nasional dan mencurigai bahwa ada risiko besar bahwa Nigeria akan tumbuh lelah dari kerusuhan agama dan baik kembali ke bentuk dibersihkan agama tradisional atau ke versi Afrika sekularisme. Setiap orang Kristen harus membaca teks dan catatan bahwa orang Kristen di negara-negara Barat saat ini berjuang sekularisme yang mereka dihasilkan melalui pertikaian mereka.

Afrika Agama

Tradisional

Setiap upaya yang realistis untuk melakukan teologi di Afrika harus mempertimbangkan pengaruh Agama Tradisional Afrika dalam kehidupan rakyat. Dr Yeh melakukan penelitian yang sangat relevan dari beberapa manifestasi Allah di antara suku Garbes Lardin. Asumsi bahwa Allah diperkenalkan ke Afrika oleh orang Eropa adalah penyederhanaan menyesatkan. Selain dewa keluarga dan desa orang-orang Kamwe percaya pada Allah yang transenden dan universal. Dr Yeh berpendapat bahwa orang Afrika tahu tentang Pencipta atau Maha Tuhan meskipun telah pemahaman politeisme dan digunakan kakeknya Mr Muogbo Yeh sebagai bukti mendukung. Meskipun mereka memiliki gagasan yang salah bahwa Dia jauh sehingga membenarkan memenuhi tuntutan para dewa yang lebih rendah untuk menghubunginya konsep jalan ke Sang Pencipta masih ada di antara mereka. Paulus menggunakan kepercayaan pada Allah yang tidak dikenal untuk melayani pendengarnya. Kristen juga harus menggunakan konsep jalan ke Pencipta sudah ada dalam pandangan dunia Kamwe untuk mempresentasikan Yesus kepada mereka. Tuhan luar biasa bekerja dalam kebudayaan manusia terlepas dari yang berbeda ras bahasa atau etnis terungkap rencana-Nya. Hal ini Sejalan dengan filosofi di balik analogi penebusan frase yang disebut karena memfasilitasi pemahaman manusia penebusan dalam budaya manusia. Tujuannya diberikan Tuhan adalah prasyarat pikiran dengan cara budaya signifikan untuk mengakui Yesus sebagai Mesias.

Pertumbuhan kota-kota

Mungkin masalah paling mendesak yang dihadapi gereja di Afrika saat ini adalah pesatnya pertumbuhan kota. Benturan budaya dan agama kemiskinan putus asa AIDS angka mengerikan anak jalanan tekanan terhadap moralitas tradisional masalah pekerjaan sementara dan tidak stabil dan kurangnya pelatihan untuk apa beberapa pekerjaan ada dibawa pulang untuk pembaca dalam bergerak dan perseptif rekening orang-orang dengan siapa yang lebih pendek memiliki kontak langsung. Sebuah contoh adalah kota Lagos yang populasinya lebih dari dua belas juta lebih dari itu dari Sierra Leone Liberia dan Gambia digabungkan.

Numerik pertumbuhan

gereja

Pada awal abad kedua puluh diperkirakan sekitar tiga persen orang di benua Afrika mengaku menjadi orang Kristen dan bahwa jumlah ini meningkat secara signifikan menjadi sekitar lima puluh persen menjelang akhir abad ini. Ada alasan untuk percaya bahwa gereja akan terus mencatat pertumbuhan yang signifikan. Ajah bahkan atribut ini keanggotaan bengkak untuk penggunaan gereja bijaksana musik yang dipandang sebagai sebuah jalan raya yang luar biasa ke dalam hati yang paling Afrika. Semua gereja dikunjungi oleh peneliti selama penelitian lapangan yang dikemas penuh. Selama tinggal peneliti di Nigeria – diamati bahwa gereja-gereja dengan instrumen yang lebih musik dan instrumen terampil umumnya tertarik penyembah lebih dari mereka yang sedikit.

Kemakmuran

Sebuah tren kontemporer untuk menghindari penderitaan di semua biaya telah menyebabkan Injil Kemakmuran yang menekankan iman dalam mengklaim berkat karena mereka nama mereka. Pada risiko terlalu menyederhanakan dan distorsi Injil ini mengajarkan antara lain bahwa

. Setiap orang Kristen diciptakan agar secara material dan finansial apung.

. Kristen yang dalam keadaan kesulitan keuangan yang berkepanjangan tidak mengetahui rencana Allah.

. Untuk manifestasi dari pembalikan terobosan calon harus menunjukkan harapan-Nya dengan memberkati abdi Allah pertama.

Kristen karena itu ia menyarankan untuk tidak menerima penderitaan sebagai bagian mereka. Siapapun yang menderita adalah baik hidup dalam dosa atau tidak berdiri di atas janji-janji Allah untuk mandi nya berkat. Ajaran ini tercermin dalam gereja Pantekosta dikunjungi selama studi lapangan. Jumlah penawaran dibesarkan di gereja-gereja Pentakosta dan Anglikan sungguh mengejutkan.

Pelatihan

pemimpin gereja

Gereja di Afrika telah membuat kemajuan luar biasa selama abad kedua puluh. Hal ini telah berkembang dari hanya segelintir lembaga pelatihan untuk ratusan seminari. Ini merupakan indikasi bahwa gereja Afrika pada abad kedua puluh satu akan menjadi gereja jauh lebih terdidik. Dalam gereja-gereja yang tercakup dalam studi lapangan peneliti mengamati bahwa para pendeta dari Aladura dan Gereja Pantekosta dikunjungi Superior Penginjil EM Babatunde dan Rev Mike Ohiorenoya adalah pemegang gelar doktor. Adalah pasti bahwa para imam Katolik dan Anglikan akademis dilatih.

Peran perempuan

Pesan inti dari misi Kristen adalah bahwa keselamatan dan implikasinya pembebasan. Dengan pesan ini gereja harus mengetahui adanya suatu ketidakseimbangan dalam budaya didominasi laki-laki Afrika. Dalam bagian kedua dari Penderitaan dari gairah dalam lensa budaya Dr Yeh menganalisis konsep teologi yang secara kultural didorong. Dia realistis berpendapat bahwa setiap gambar kedewasaan luar Mesias secara kultural didorong dan menyesatkan. Gereja harus belajar konsep Afrika Muntu yaitu orang. Perubahan sosial menuntut bahwa gereja membuat beberapa modifikasi dalam peran perempuan. Dinamika yang perempuan sekarang pameran di masyarakat yang lebih luas dan dalam gereja Aladura dikunjungi khususnya telah menantang peran bawahan yang ditawarkan oleh beberapa gereja lainnya. Peneliti mengamati peran perempuan di West Theological Seminary Afrika di mana mereka melayani dalam kapasitas yang sangat penting seperti Panitera Misi Direktur Ag. Direktur Formasi Spiritual dan dosen. Semakin banyak perempuan akan menjadi pendeta sebagai seminari lebih banyak membuka pintu untuk lebih banyak siswa perempuan dan dosen. Dengan kenaikan perempuan ke dalam posisi kepemimpinan mungkin gereja akan melihat gaya lembut dan lebih lembut dari kepemimpinan gereja.

TREN

Biasa-biasa saja pertumbuhan rohani

Pasti sebuah tren yang terlihat adalah pertumbuhan yang berkelanjutan dan eksplosif dari gereja Afrika. Namun ada tantangan yang sangat besar yang terkait dengannya. Ini sudah mulai mewujudkan dirinya dalam agama Kristen kontemporer. Masalahnya adalah numerik tanpa pertumbuhan rohani yang sesuai. Misalnya ganti anggota gereja jika tidak diperiksa akan mengakibatkan masalah serius dalam gereja. Dalam gereja Pantekosta dikunjungi peneliti sangat gembira saat ia pindah dari kursi dia menduduki ke kursi khusus disediakan untuk pengunjung sejak ganti dari wanita duduk di depannya adalah tidak senonoh. Dia mengenakan celana bandless yang terkena sebagian besar dari pakaian merah mudanya. Khotbah itu sangat keras dan emosional tetapi tidak memiliki substansi. Gereja harus menolak biasa-biasa saja dengan komitmen yang sama yang menolak kompromi. Peneliti mengamati bahwa gereja-gereja yang dikunjungi tidak memiliki program pelatihan pemuridan sangat jelas. Memenangkan jiwa bagi Kristus tanpa program pemuridan yang sistematis sampai batas tertentu setara dengan begetting anak untuk setan.

Fanatisme

Dalam beberapa gereja hari ini layanan ini tidak lengkap tanpa beberapa nubuat penyembuhan atau dua dan beberapa setan diusir. Gereja-gereja dan kementerian bersaing dengan iklan paling dramatis seperti Ledakan Ilahi Gunung keajaiban Supernatural sensasi dan ekspresi serupa. Meskipun itu baik untuk menekankan supranatural gereja Afrika harus menyadari bahwa kejadian sehari-hari keajaiban bukan fokus dari Alkitab. Membangun gereja di Afrika sekitar ajaib mungkin cenderung mengarah pada penekanan salah. Komisi utama Yesus untuk memberitakan Injil. Bersandar pada ajaib di setiap layanan sehingga dapat menyebabkan fanatisme dan penyimpangan dari kebenaran. Dalam Gereja Kristus Surgawi dikunjungi selama pekerjaan lapangan peneliti disebut keluar dari layanan dan dibawa ke bagian belakang altar luar di mana visi dan wahyu sebagian besar tidak benar dari nabi tentang dirinya telah ditulis oleh perekam. Misalnya nabiah mengamati bahwa istri peneliti kadang-kadang menderita sakit perut. Pertanyaan dalam pikiran seseorang kemudian adalah berapa banyak wanita normal biasanya tidak menderita sakit perut

Rasionalisme

Pendidikan gereja yang terus membaik. Ada banyak perguruan tinggi Alkitab dan seminari di Nigeria saja. Banyak universitas dan perguruan tinggi pendidikan memiliki departemen studi agama. Namun karena Afrika semakin banyak terkena kembali dikemas ide-ide barat Afrika Kristen harus berjuang sangat keras untuk menghindari rasionalisme anti-supranatural dari gereja barat. Dimulai dengan Age of Reason gereja barat secara bertahap sudah semakin banyak dipengaruhi oleh bias anti-supranatural yang muncul dari rasionalisme. Meskipun ini belum benar-benar menjadi masalah serius catatan yang serius dari hati-hati adalah bahwa orang Kristen Afrika harus menyeimbangkan iman dengan alasan.

Sinkretisme

Dalam upaya untuk melindungi Injil misionaris Eropa di bawah dikontekstualisasikan pesan. Sebagai gereja sekarang menjadi lebih Afrika perawatan harus diambil sehingga pesan tidak lebih dikontekstualisasikan yang dapat menyebabkan sinkretisme percampuran agama . Misalnya overstress pada visi dan impian di gereja Aladura. Kontekstualisasi tanpa sinkretisme adalah salah satu tantangan utama yang dihadapi Gereja Afrika di abad ini. Afrika khas tidak seperti rekan barat nya memiliki orientasi supernaturalistik. Masyarakat Afrika memberikan perhatian lebih kepada agama sementara barat menekankan pada ekonomi dan budaya material. Salah satu alasan mengapa Pentakostalisme telah diterima dengan baik di Afrika adalah karena banyak dari prinsip dasar yang konsisten dengan pandangan dunia Afrika. Beberapa termasuk supranatural setan / roh jahat penyembuhan ilahi dan ekspresi emosional dan fisik ibadah. Dr Yeh jelas mengungkapkan bahwa Kamwe / Mubi di Nigeria termasuk Kristen pergi ke imam animisme. Saat ia mencatat kebutuhan yang dirasakan untuk kekuatan supranatural untuk memecahkan masalah-masalah tertentu yang menentang solusi masih mendorong orang untuk imam animisme Yeh . Pelajaran untuk dipelajari adalah sikap komunitas Kristen yang berdoa untuk hujan dengan Allah menghormati . Ini adalah manifestasi yang jelas dari fakta bahwa Allah Kristen masih hidup atau aktif dalam urusan pria.

Dominasi

Kecenderungan disayangkan dalam kekristenan sepanjang sejarah gereja adalah bahwa setiap kali kekristenan telah mencapai status mayoritas dalam suatu budaya hal itu telah menjadi tidak toleran dan kadang-kadang penyalahgunaan agama lain. Perang Salib pada abad ke- dan seterusnya bisa bersaksi untuk ini. Garis tipis antara penginjilan dan toleransi agama-agama lain telah menjadi tali yang Kristen tidak selalu berjalan dengan baik. Beberapa penulis mendorong toleransi antara Kristen dan Muslim di Nigeria. Meskipun Boer misalnya menyalahkan kedua untuk sebagian besar konflik agama ia juga berpendapat bahwa ada beberapa kasus di mana mantan terkadang mulai kerusuhan kemudian. Inti dari pesannya kepada umat Kristen dan Muslim masing-masing wholism dan pluralisme. Kristen perlu bertobat dari godaan mereka dengan bahasa dan konsep sekularisme di lingkungan bersama dengan Muslim dan menjauh dari itu dengan mengembangkan suatu pandangan dunia yang lebih komprehensif. Muslim di sisi lain perlu memperbarui rasa pluralisme. Nigeria ditandai dengan situasi pluralistik yang tidak lagi memungkinkan dominasi satu agama atas semua orang. Boer berpendapat bahwa situasi panggilan untuk perubahan dalam sikap Kristen dan Muslim mereka harus berpindah dari permusuhan terhadap hormat.

OUTLOOK ATAS TEOLOGI DI AFRIKA / PELUANG

Setiap usaha untuk melakukan teologi di Afrika serius harus mencatat diskusi afore disebutkan. Dari hal tersebut dapat dikatakan bahwa tidak semua isu dan tren negatif. Meskipun perawatan harus dilakukan untuk menghindari sebuah gereja yang sangat cenderung ke arah rasionalisme syncreticism kemakmuran untuk menyebut beberapa gereja Afrika harus dipuji karena upaya sadar untuk mengontekstualisasikan Injil dan menekankan pada pelatihan pendeta nya. Namun sisa kertas lebih lanjut membahas beberapa peluang yang harus dimanfaatkan secara bijaksana untuk teologi menjadi berarti di Afrika.

Usia dari

gereja

Bagian penting dari gereja kontemporer terdiri dari kaum muda. Usia rata-rata diperkirakan gereja dikunjungi selama kerja lapangan adalah tiga puluh. Ada kemungkinan bahwa tren ini tidak akan berubah. Gereja di Afrika akan terus menjadi sebuah gereja muda. Kelompok usia ini akan terus memberikan kepadanya banyak energi dan antusiasme. Ini akan memungkinkan gereja untuk memiliki kekuatan untuk menginjili dan mempengaruhi masyarakat. Namun juga bisa membuat gereja lebih rentan terhadap keputusan fanatisme intoleransi dan tidak bijaksana. Kita tidak boleh lupa bahwa pepatah Nigeria yang menyatakan bahwa anak di atas pohon tidak dapat melihat apa yang lebih tua duduk di tanah bisa melihat.

Gereja dan sekolah teologi

Peningkatan jumlah lembaga teologis merupakan perkembangan yang disambut. Namun gereja dan sekolah teologi harus bekerja sebagai tim untuk dampak masyarakat karena posisi antara kedua hampir menjadi bahwa gereja versus sekolah teologis Turaki . Turaki mengevaluasi bidang kekuatan dan kelemahan dalam peran diasumsikan untuk masing-masing dan implikasi teologis dari dikotomi bersama dengan isolasionisme persaingan yang dihasilkan dan pernyataan otonomi untuk melakukan teologi.

Pengembangan kurikulum

Hal ini diperlukan bagi para teolog untuk meninjau kembali kurikulum seminari. Hal ini mempertanyakan apakah seminari Afrika harus meninjau mengambil sejarah pemikiran barat dan gereja barat atau bukan meluncurkan ke kedalaman budaya mereka sendiri dan tradisi dan berkorelasi Kitab Suci dan tradisi dengan budaya Afrika akar sumber dan kekayaan. Ada wilayah di mana di sebelah barat juga bisa belajar dari Afrika. Ini adalah latar belakang inilah teramati bahwa bukan bersaing atau mengklaim superioritas untuk berbagai pendekatan kita perlu untuk bertukar pengalaman dan berbagi kita perlu memahami satu sama lain dan saling belajar Turaki . Hal ini cukup dikatakan bahwa bertentangan dengan pemikiran populer Afrika telah memberikan pengaruh yang pasti dan signifikan terhadap perkembangan gerakan ekumenis pada umumnya dan misi yang dibuat secara khusus. Ini adalah latar belakang inilah Konferensi Edinburgh pada tahun memperkenalkan gagasan dari seluruh Injil oleh seluruh gereja kepada dunia.

Penekanan pada keadilan

Keadilan adalah salah satu konsep yang paling mendasar dari agama Kristen dan Yahudi . Ini adalah tema yang harus mendapat penekanan lebih dalam gereja Afrika. Masyarakat tidak dapat menjadi sehat tanpa keadilan. Pada tahun sekelompok pemimpin Nigeria menjadi khawatir tentang ketidakadilan dalam masyarakat Nigeria. Hal ini menyebabkan Kongres Kristen Etika di Nigeria COCEN yang berlangsung di Abuja pada bulan November . Ia menekankan bahwa orang Kristen juga bersalah karena pelanggaran etika. Prinsip-prinsip Kristen harus benar dikontekstualisasikan untuk Afrika. Harus ada pemahaman yang jelas tentang hubungan erat antara agama dan masalah sosial / politik dan iman dan keadilan. Ajaran sosial Gereja tidak hanya harus dipelajari dan diketahui namun juga aplikasi ke berbagai masalah yang dihadapi Afrika harus dirumuskan dan mencoba.

Menghormati hak-hak individu manusia

Hak-hak individu harus dilindungi. Menolak untuk memberikan seseorang pekerjaan karena dia adalah dari kelompok salah etnis merupakan pelanggaran terhadap hak-hak dasar orang itu manusia. Peneliti telah mengamati misalnya bahwa orang Kristen tidak biasanya datang dalam kekuatan terpadu untuk membersihkan lingkungan ketika pemerintah memberikan perintah setiap hari Sabtu terakhir di Freetown dan Lagos. Vigils malam hari dapat dilakukan tanpa harus menggunakan pengeras suara yang akan mengganggu ketenangan warga yang sedang beristirahat.

Bantuan kepada yang membutuhkan

Ajaran gereja seharusnya tidak perlu menekankan pada pemberian dari jemaat ke gereja tapi sebaliknya. Salah satu ajaran yang paling jelas dan contoh Yesus berkaitan dengan belas kasihan bagi masyarakat miskin. Ini harus dilihat sebagai tanggung jawab dasar dari setiap budaya untuk mengurus anggotanya yang lemah dan membutuhkan. Hanya memberikan sedikit uang kepada orang miskin tidak harus memenuhi Kristen. Kristen harus terlibat dalam mengidentifikasi penyebab kemiskinan dan mengatasi masalah ini. Allah memanggil semua orang Kristen untuk menjadi kaya. Kesejahteraan guru harus memperhatikan. Namun Dia memanggil kita untuk membantu memenuhi kebutuhan orang miskin. Membantu orang miskin membutuhkan perumahan yang layak bukan hanya tanggung jawab pemerintah tetapi juga tanggung jawab gereja. Peneliti terkesan ketika banding dibuat untuk membantu orang miskin di gereja Aladura dikunjungi. Pelatihan komputer gratis yang ditawarkan yang memungkinkan beberapa pemuda untuk diberdayakan. Seluruh jemaat diberi makan setelah layanan. Peneliti mengetahui bahwa ini adalah kejadian biasa.

KESIMPULAN

Fakta Alkitab yang teologi harus memperhitungkan adalah bahwa jika Tuhan memang berkaitan dengan semua orang maka ada kontinuitas teologis antara umat Israel dan orang lain termasuk Afrika .

Jika iman Kristen adalah memiliki efek nyata pada kehidupan Afrika harus menerima dan mengatasi dunia roh. Seorang Kristen yang tidak memiliki tempat untuk supranatural berbicara dengan nada asing. Budaya Afrika harus realistis dipelajari jika ada dampak bermakna bisa dibuat. Kalu cemerlang mengutip P.O. Itu ajah ringkasan harapan para teologi dari gereja Afrika

Teolog Afrika seharusnya program yang mewujudkan jawaban atas apa teologi Afrika yang dikatakan tentang ilmu sihir ilmu hitam pengaruh setan okultisme spiritual yang disebabkan penyakit bimbingan rohani melalui ramalan atau prediksi masa depan penyembuhan ilahi pembebasan dari dan mengusir setan-setan dan roh jahat apresiasi nilai-nilai budaya pembebasan lega tertindas dari kemiskinan dan kekurangan hak asasi manusia demokratisasi judul ozo dan organisasi rahasia reinkarnasi kematian dan kebangkitan penghakiman terakhir Kalu .

KARYA PUSTAKA

Buku dan artikel

Ajah Paulus. . Sebuah Pendekatan teologi Afrika. Uburu Kebenaran dan Hidup Publikasi.

Boer Jan H. . Nigeria dekade darah Vol. . Belleville Ontario essense Penerbitan.

Eze Herbert. . Penderitaan dari Gairah di lensa budaya bagian dua .

Tersedia online

Posted on August 6, 2012, in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: